Wednesday, July 10, 2013

8 Tips Merawat Kesehatan Gigi Bagi Pengguna Behel

Behel atau disebut juga dengan kawat gigi, pada umumnya telah digunakan banyak orang. Seseorang yang mempunyai gigi kurang rata sangatlah menginginkan alat praktis yang dapat mengubah susunan giginya menjadi lebih baik. Di Indonesia, 70% penduduknya adalah pemilik gigi dengan susunan tidak rata. Oleh sebab itu banyak sekarang pria dan wanita memilih behel atau kawat gigi sebagai jalan pintas untuk memperindah susunan gigi mereka, bahkan pemakaian behel jaman sekarang ini sudah menjadi trend fashion dikalangan anak-anak muda, kalangan jetset dan artis-artis.

Disaat sedang beramai-ramai peminat penggunaan behel terjadi sebuah persoalan yang banyak tidak diketahui oleh pengguna behel, yakni masalah perawatan gigi dan mulut bagi si pengguna behel. Hal ini perlu diperhatikan, karna jika tidak dirawat maka bakteri akan terkumpul dan membuat penampilan menjadi aneh.

Pada umumnya menjaga kebersihan gigi anda yang berbehel tidaklah terlalu sulit. Anda hanya memerlukan ketelatenan dan kebiasaan untuk tidak malas membersihkan gigi. Berikut adalah tips yang saya kutip dari Healthmeup.com :
  1. Mengunyah: Kunyahlah makanan-makanan yang kecil-kecil. Bila anda memakan makanan yang berukuran besar, perkecillah ukuran makanan tersebut semaksimal mungkin. Ini bertujuan sebagai perlindungan gigi anda terhadap gesekan yang diberikan oleh kawat.
  2. Hindari Makanan Keras: Dokter menyarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang bersifat lunak atau tidak keras
  3. Jangan Makan Permen Karet: Jangan mengkonsumsi permen karet. Karna permen karet yang lengket akan menempel pada kawat gigi dan akan sulit terlepas. Memaksakan diri memakan permen karet malah akan merepotkan diri anda sendiri.
  4. Hindari Mnegkonsumsi Gula Berlebih: Jangan terlalu banyak memakan makanan yang mengandung banyak gula, karena gula bisa menyebabkan berkumpulnya bakteri di sekitar kawat gigi. Bakteri tersebut dapat menembus kawat gigi dan menggerogoti kalsium gigi.
  5. Gunakan Gigi Belakang Saat Mengunyah: Alangkah baiknya menggunakan gigi belakang saat mengunyah makanan yang agak keras, dengan begitu akan memudahkan anda untuk menghancurkan makanan.
  6. Rajin Menggosok Gigi: Ketika menggunakan behel akan lebih baik jika anda menggosok gigi sesering mungkin, contohnya tiga samapi empat kali dalam sehari menggunakan sikat gigi khusus bagi pengguna behel yang dijual di apotik atau klinik. Selain menggosok gigi, anda juga disarankan berkumur dengan air hangat yang ditambahkan sedikit garam untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel.
  7. Banyak Minum Air Putih: Disarankan untuk banyak-banyak minum air putih. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya bakteri dan dapat membuat mulut anda terasa segar. Selain itu, meminum air putih juga dapat mengurangi bau mulut.
  8. Rutin Mengunjungi Dokter Gigi: Disarankan agar lebih rajin mengunjungi dokter gigi saat menggunakan behel. Sebaiknya lakukan pembersihan mulut dan juga kawat gigi setidaknya satu kali dalam sebulan. Dengan begitu kebersihan mulut anda akan terjaga.
Semoga Bermanfaat :)

Key Word: behel, gigi, kesehatan gigi, merawat gigi, pengguna behel, tips, dokter gigi, kawat gigi, Meily Zuraida, @mellb3b3k


No comments:

Post a Comment